Segar dan Menarik 'Es Pisang Ijo' Minuman manis khas Makassar , Sulawesi Selatan







Kamuharustahu.id-Es pisang ijo adalah kudapan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Hidangan ini diolah dari buah pisang raja, ambon, atau kepok yang sudah matang. Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan. Lalu, diberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal atau bubur sum-sum, disiram dengan sirop warna merah khas makassar dan lelehan susu kental, Es Pisang Ijo setumpuk es serut atau bongkahan-bongkahan kecil es akan melengkapi penyajiannya. Minuman yang mengenyangkan ini disajikan di mangkuk atau piring yang agak ceper. Biasanya ditemani makanan ringan seperti jalangkote (mirip pastel) dan lumpia. Sajiannya memang sederhana, tetapi terasa nikmat sebagai pelepas dahaga.

Tak sulit untuk membuat es pisang ijo. Bahan-bahannya mudah diperoleh dari warung-warung sekitar rumah. Yang sulit adalah melacak jejak sejarah dan filosofis kudapan ini. Catatan utuh dan fragmen tentangnya hampir tak ada di naskah dan lontara kuno Sulawesi Selatan. Hanya nama pisang yang beberapa kali muncul dalam sumber sejarah tradisional itu. Meski sulit memastikan kapan dan bagaimana es pisang ijo dibuat dan mulai dinikmati, orang tetap bisa menyelisik tiap bahan pembuatannya. Dalam sesuap sendok es pisang ijo, ada kisah yang jalin-menjalin. Sebab, semua ada sejarahnya. Bahan utama untuk membuat es pisang ijo adalah pisang. Es Pisang Ijo memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari hidangan es lainnya. Salah satunya adalah tekstur adonan tepung yang kenyal dan lembut yang membungkus bola-bola pisang. Selain itu, aroma pandan dan warna hijau alami dari daun pandan memberikan kesan segar dan alami pada hidangan ini.


berikut resep yang bisa kamu buat di rumah lho!





Bahan :

- Pisang raja 9 buah

- Tepung terigu 100 gram 

- Tepung beras 100 gram

- Tepung sagu 25 gram

- Santan 300 ml (130 ml santan instan + 170 ml air)

- Air pandan 300 ml (air + pasta pandan)

- Gula 50 gram

- Garam 1/2 sendok teh

 

Bahan Saus:

- Santan 450 ml (130 ml santan + air)

- Tepung beras 40 gram

- Gula 1 sendok makan

- Garam 1/2 sendok teh

 

 

Cara Membuat Pisang Ijo:


1. Kukus pisang dengan kulitnya, sampai matang. Sisihkan, kupas setelah dingin.

2. Masukkan semua tepung, tambahkan gula, garam, aduk rata.

3. Tuang santan dan air pandan kedalam adonan tepung, aduk rata dan saring adonan.

3. Masak adonan menggunakan api kecil sampai membentuk adonan. Sisihkan, tunggu hangat.

4. Ambil selembar plastik, olesi dengan sedikit minyak, ambil adonan secukupnya pipihkan, letakkan pisang di atasnya, kemudian gulung sampai menutupi permukaan pisang, lakukan sampai habis.

5. Kukus pisang ijo selama kurang lebih 15 menit.

 

Cara Membuat Saus:

- Campur semua bahan, masak menggunakan api kecil sampai mengental.

 

Untuk Pelengkap:

Potong pisang sesuai selera, letakkan di mangkuk, tambahkan bubur sumsum, es batu, susu kental manis, dan sirup cocopandan.


0 Comments:

Posting Komentar