Tradisi Saur Matua,Upacara Kematian Suku Batak

 

Upacara Saur Matua merupakan upacara kematian pada masyarakat Batak.Dapat dikatakan bahwa kematian (mate) di usia yang sudah sangat tua adalah kematian yang paling diinginkan, apalagi jika seseorang yang meninggal tersebut telah memiliki anak, menikahkannya, hingga telah memiliki cucu dari anak-anaknya tersebut.

Pada tradisi budaya masyarakat Batak (khususnya Batak Toba), kematian seperti ini disebut sebagai mate saur matua, yang mana pelaksanaan upacara ini dilakukan tanpa adanya kesedihan.Saur matua merupakan seseorang yang meninggal telah memiliki keturunan dan cucu dari anak-anaknya.Arti dari saur sendiri adalah lengkap atau sempurna.



Sempurna di sini berarti seseorang telah menjalani hidupnya dengan sempurna dalam hal mengenai keturunan.Dalam Upacara Saur Matua, para anggota keluarga bersuka karena orang tua yang meninggal sudah dalam usia yang tua dan sudah berhasil mendidik, merawat, dan menikahkan anaknya hingga memiliki keturunan, upacara pemakaman pun harus dilakukan penuh sukacita.

Ketika orang Batak mati saur matua, pihak kerabat secepatnya bermusyawarah (martonggo raja) membahas persiapan upacara, meliputi waktu upacara, lokasi pemakaman, acara adat pasca penguburan, dan keperluan teknis upacara. Pihak kerabat terdiri dari dalihan natolusistem hubungan sosial masyarakat Batak yang berasal dari tiga kelompok unsur kekerabatan, yakni hula-hula (keluarga marga pihak istri), dongan tabu (teman atau saudara semarga), dan boru (keluarga perempuan pihak ayah atau suami).



Martonggo raja digelar di halaman rumah duka dari sore sampai selesai. Pihak dongan sahuta (masyarakat setempat) turut hadir sebagai pendengar dan biasanya mereka ikut membantu pelaksanaan upacara saur matua.Membantu  penyediaan peralatan upacara, misalnya peti mati, alat musik beserta pemain, peralatan makan, dan hidangan yang akan disuguhkan untuk para pelayat.

 

Di hari yang telah ditentukan, upacara saur matua dilaksanakan pada siang hari di ruang terbuka, misalnya halaman rumah duka. Jenazah yang telah dimasukkan ke dalam peti, diletakkan di tengah-tengah anak dan cucu. Bagian kaki peti mengarah ke pintu keluar rumah. Sebelah kanan peti ialah anak laki-laki dengan para istri dan anak, sedangkan di sebelah kiri adalah anak perempuan beserta suami dan anaknya.



Upacara dimulai dengan menghidangkan jamuan makan siang. Setelah makan selesai, acara dilanjutkan dengan ritual pembagian jambar kepada seluruh dalihan natolu sesuai ketentuan adat. Jambar terdiri dari empat jenis, yakni juhut (daging), hepeng (uang), tor-tor (tarian), dan hata (berbicara).

Setelah jambar tor-tor selesai, pihak hasuhuton secara bergantian menyampaikan balasan kepada pihak-pihak yang memberikan jambar hata. Sambil manortor, mereka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pelaksanaan upacara.

Setelah semua ritus selesai, upacara adat ditutup dengan ibadah singkat sebelum penguburan yang dipimpin pihak gereja. Mulai dari nyanyian rohani pembuka, khotbah, nyanyian rohani penutup, dan doa penutup.Kemudian, jenazah bersama peti mati pun dikuburkan. Sepulang penguburan, pihak keluarga melakukan ritual adat ungkap hombing, yaitu memberikan sebagian harta mendiang kepada pihak hula-hula.

 

0 Comments:

Posting Komentar