Gado-Gado, Kuliner Nusantara Cita Rasa Dunia

Kamuharustahu.id, Batam - Gado-Gado merupakan sajian khas Betawi yang terdiri dari berbagai campuran sayuran, tempe, tahu, kentang, dan telur rebus lalu disajikan dengan siraman bumbu kacang nan gurih. Sayuran yang digunakan antara lain kangkung, bayam, labu siam, kacang panjang, kubis, dan taoge. Sebagai pendampingnya terdapat kerupuk, potongan lontong, ketupat, atau nasi putih.

Sepintas, tampilan gado-gado memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas daerah lain, seperti lotek (Jawa Barat dan Jawa Tengah) atau pecel (Jawa Timur). Bedanya, bumbu kacangnya gado-gado tidak menggunakan kencur seperti lotek dan pecel. Sedangkan untuk isiannya, gado-gado tidak hanya menggunakan sayuran, tetapi menambahkan telur, tahu, tempe, dan kentang sebagai isiannya. Tidak ada yang tahu persis asal-muasal gado-gado, namun sebagian besar referensi bebas cenderung mengasosiasikan gado-gado sebagai hidangan asli Betawi.


Saking populernya gado-gado, hingga banyak orang asing mengenalnya sebagai salah satu daftar kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Indonesia. Hal itu jugalah yang pada akhirnya membuat Kementerian Pariwisata RI menobatkan gado-gado sebagai salah satu Makanan Nasional (National Food) Indonesia selain soto, rendang, sate dan nasi goreng di tahun 2018 lalu.


Gado-gado pun kini semakin mudah ditemukan di berbagai penjuru Kota Jakarta. Mulai dari kaki lima dengan gerobak, restoran yang khusus menyajikan gado-gado, hingga restoran Indonesia berkelas yang menyajikan gado-gado secara eksklusif. Setiap tempat memiliki menu gado-gado dengan keunggulan dan citarasa berbeda.

0 Comments:

Posting Komentar