Mengenal Tekwan Makanan Berkuah Segar Dari Palembang

Kamuharustahu.id, Batam - Tekwan adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka, yang dibentuk berupa bulatan kecil-kecil, dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah sohun, irisan bengkuang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Tekwan berasal dari kata "Berkotek Samo Kawan", yang dalam bahasa Palembang artinya duduk mengobrol bersama teman atau dari bahasa Hokkien tâi-oân (台丸) yang secara homofon mirip Taiwan (Hanzi: 台灣; Pe̍h-ōe-jī: Tâi-oân).


Di Negara lain tekwan ini sama halnya dengan fishcake, namun dalam penyajian dan bentuknya tekwan cenderung lebih kenyal dan lebih gurih bagi sebagian pencinta kuliner. Informasi ini penulis temui dari beberapa review vlogger makanan yang membandingkan kenikmatan tekwan dan fishcake. Yang mana mereka lebih memilih tekwan ketimbang fishcake dari segi kenikmatannya.

Tak heran bahwa tekwan merupakan makanan kesukaan bagi banyak orang khususnya bagi masyarakat di wilayah Sumatera Selatan itu sendiri. Berdasarkan catatan sejarah, tekwan merupakan hasil akulturasi budaya Palembang dan Tionghoa. Pada saat itu orang-orang Tionghoa sudah mulai banyak mendiami dan menetap di Palembang, yang kemudian mereka memperkenalkan makanan yang berbahan dasar ikan.

Lalu kemudian diadopsi oleh masyarakat kota Palembang untuk membuat makanan tersebut sesuai dengan cita rasa dan lidah masyarakat kota Palembang. Mereka menambahkan kuah kaldu serupa dengan sup dan menambahkan bumbu khas daerah tersebut.

0 Comments:

Posting Komentar